Asal Usul Munculnya Angpao

Sabtu, 13 Juni 2015 | komentar

    Di berbagai pelosok didunia , angpao dikaitkan dengan yang namanya budaya suku cina yang diturunkan secara turun menurun oleh para tetua suku. angpao adalah sejenis kertas berwarna merah yang mempunyai makna yang sangat mendalam.Biasanya angpao diberikan kepada anak-anak menjelang tibanya hari imlek dan tidak lupa juga anak yang telah menerima angpao tersebut mengucapkan salam dan selamat hari imlek kepada sang pemberi.Di harapkan bahwa orang yang telah memberi diberikan hidup yang damai dan panjang umur.Namun tahukah kamu bagaimana timbulnya tradisi pemberian angpao ?



Angpao pada jaman dahulu

Angpao merupakan sejenis kertas yang mempunyai makna penting didalamnya.Dulunya,angpao hanya berisikan permen , manisan dan uang kuno yang berupa koin.Koin tersebut berbentuk bulat yang memiliki pola antik serta lubang berbentuk segi empat di bagian tengahnya.Bagian tengah diikat menjadi untaian uang dengan tali merah.Sekarang , koin tersebut sudah menjadi barang antik yang digemari oleh para kolektor.Seiring dengan berkembangnya jaman,orang tua merasa lebih mudah dengan memberikan uang dan membiarkan anak tersebut memutuskan hadiah apa yang akan mereka beli seperti petasan , kue maupun mainan.

Legenda angpao

Jaman dulu , diyakina bahwa terdapat sesosok mahkluk yang meneror desa pada malam hari menjelang hari imlek. Korban incaran berupa anak anak yang pada akhirnya membuat anak tersebut mengalami demam.Mahkluk tersebut mengelus dahi anak anak pada malam hari dan akhirnya merugikan anak itu sendiri.Ada kasus bahwa korban incaran mahkluk tersebut menjadi gila dan meninggal dunia.kejadian yang menimpa desa tersebut menimbulkan kekhawatiran bagi para penduduk desa setempat.Korban yang menderita juga kian meningkat.Berbagai cara dilakukan oleh para orang tua untuk menghalau mahkluk tersebut dan nyatanya tidak berhasil.
Hingga saatnya ada sepasang suami istri yang baik dan jujur menetap didesa tersebut. Mereka dikaruniai seorang anak pada usia senja.Hingga pada suatu saat anak mereka sedang bermain dengan selembaran kertas berisi koin hingga kelelahan dan akhirnya tertidur dengan kertas merah yang berada di sisi bantal si anak.Malam pun tiba , mahkluk besar itu muncul dan mencoba untuk menjamah dahi si anak dan seberkas cahaya menyinari wajab mahkluk tersebut dan membuat mahkluk itu berteriak histeris yang pada akhirnya melarikan diri.
Pada saat itu , kejadian tersebut menyebar secara cepat dan telah diketahui oleh semua penduduk desa setempat.Kekhawatiran para penduduk desa lama kelamaan menghilang.Sejak saat itu , kertas merah tersebut diberi nama angpao dan diberikan kepada anak anaknya untuk menghindari kedatangan mahkluk tersebut.

Angpao yang diberikan juga bervariasi . Ada yang bercorak naga dan ada juga yang bertuliskan huruf mandarin.Ada anggapan bahwa hanya orang yang telah menikah boleh memberi angpao pada tahun baru imlek karna beberapa faktor.Pernikahan merupakan peralihan dari seorang anak menjadi dewasa .Orang yang telah menikah juga diyakini telah menjadi seseorang yang mapan dalam hal ekonomi.Angpao yang diberikan juga bukan hanya sekedar kertas merah berisikan uang melainkan mempunyai arti yang lebih jauh kedalamnya.Jadi jangan pernah menilai angpao dari isinya tetapi dari arti angpao tersebut seperti yang disampaikan oleh orang tua saya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Classy Virtual World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger