Harga Iklan Di Televisi

Senin, 15 Juni 2015 | komentar

   Pernahkah kalian berpikiran untuk mengiklankan atau memasang iklan di sela-sela channel tv kesayangan anda ? mugkin hal seperti itu tidak akan terpikirkan oleh orang orang tingkat menengah kebawah seperti kita.Hanya orang orang yang memiliki produk besar lah yang kebanyakan mengiklankan produk mereka di televisi.Seperti yang kita ketahui , televisi merupakan media promosi yang banyak diminati pada era sekarang ini.Dikarenakan akan ditonton oleh ribuan bahkan jutaan orang didunia.Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mengiklankan produk kita di tv akan mencakup dana yang besar dikarenakan keuntungan yang saya sebut tadi.Namun tahukah kamu berapa biaya yang harus dihabiskan untuk menampilkan iklan kita di tv ? langsung saja simak penjelasan berikut dengan saksama  seksama!!



1. Karakteristik Stasiun Televisi
Stasiun televisi yang menyiarkan khusus berita, Olahraga, Musik, atau film akan lebih menguntungkan advertiser, karena mereka bisa memilih stasiun tv yang sesuai dengan market. Untuk stasiun yang ber-rating tinggi, maka mematok biaya iklan tv cukup besar, sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah per 15 hingga 30 detik penayangan. Beda lagi tarif untuk tv lokal, biaya iklan tv hanya berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per spot atau sekali tayang dengan durasi sekitar 30 detik.

2. Rating Program Acara
Semakin tinggi sebuah rating acara, maka semakin mahal biaya yang dibandrol untuk iklan tv, contohnya acara ini talkshow di Trans TV mematok harga iklan Rp 7,5 juta per slot durasi 30 detik

3. Jenis Penyiaran Acara
Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung, harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda
.
4. Jam Penayangan
Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan tv yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai penonton. Seputar Indonesia Pagi RCTI mematok Rp 8 juta, untuk Petang Rp 16 juta, sementara malam hanya Rp 5 juta.

5. Peletakan Iklan
Letak antara iklan dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program acara berlangsung akan dianggap sebagai posisi pasang iklan yang paling strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang di antara iklan lain. Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti chanel siaran ketika iklan berlangsung.

Apabila dikalkulasikan , disimpulkan bahwa biaya penayangan iklan dibagi menjadi 2 yaitu , tarif murah dengan harga kisaran 50 ribu sampai 300 ribu per sekali tayang dan tarif mahal dengan biaya kisaran 6 juta hingga 16 juta per sekali tayang (15 - 30 detik).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Classy Virtual World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger